My Diary: ESSAY KSE Karya Salemba Empat

Sunday 1 October 2017

ESSAY KSE Karya Salemba Empat

 DOWNLOAD FILE WORD-NYA DI SINI essay kse

ESSAY KSE Karya Salemba Empat

a.        Essay Alasan Pemilihan Jurusan
Mengapa harus teknik mesin? Pertanyanyaan itu pun muncul. Banyak alasan seseorang untuk pilihan yang satu ini. Setiap alasan itu memiliki maknanya sendiri. Namun apa pun alasan itu pasti bertujuan baik menjadi yang terbaik. Walau kadang suatu hal tersebut tanpa dilandasi alasan yang tepat.

Pertama-tama, mari kita ungkap sekilas tentang teknik mesin.
Teknik mesin merupakan ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Dalam ilmu teknik mesin akan mempelajari mengenai Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Proses Manufaktur dan Sistem Produksi, Konversi energi, Ilmu Bahan / Metalurgi. Secara singkat ilmu teknik mesin bertujuan memudahkan manusia untuk membuat alat berupa mesin yang berguna membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu secara praktis.

Nah, dari sini kita bisa lihat bahwa ilmu teknik mesin ataupun secara umum seluruh ilmu teknik sangat membantu manusia. Hal itulah yang pertama sekali membuat aku tertarik. Satu hal lagi, ternyata ketertarikan dengan teknik itu sudah ada sejak dulu. Ayahku pernah cerita, sejak kecil aku sangat suka dengan mainan. Semua mainan itu pada awalnya tidak pernah bertahan selama lebih dari satu hari. Sebagai contoh sebuah mobil-mobilan, aku selalu membongkarnya dan selalu berusaha ku rakit kembali walau semakin menjadi rusak. Itulah aku. Hehe.. Dan ketika ayahku sedang membuat apalah gitu atau sedang membuat kandang ayam, aku selalu saja ingin tau. Dan ternyata pada saat itu aku sudah bisa membedakan yang namanya tang, obeng, gergaji, martil/palu. Itu semua cerita dari ayahku. Aku sudah tidak ingat semua maklum makin tua. Hehe.. Semua itu yang membuatku semakin yakin dengan ketertarikanku terhadap teknik.
Ketika SMP, kebetulan ada pelajaran FISIKA. Entah kenapa aku sangat senang dengan pelajaran satu ini. Apalagi jika sedang praktik, aku selalu ingin jadi yang terbaik. Nah disini juga terbukti bahwa aku sangat cocok dengan teknik.

Sedikit bercerita lagi, aku sempat ingin lanjut masuk SMK Tapi apa daya, orangtua ku tidak mampu karena biayanya mahal. akhirnya saya memutuskan ke SMA. Aku jalani sesuai sistemnya. Aku pilih jurusan IPA karena banyak pelajaran yang menurutku merupakan ilmu teknik. Dari kesukaanku dengan pelajaran itu, aku semakin yakin bahwa aku ini adalah anak teknik. Semuanya ku jalani dengan senang hati, merasa sesuai dengan keinginan. Diluar pelajaran aku suka gabung dengan teman yang senang dengan TEKNOLOGI/SAINS. Memang pengetahuanku terhadap TEKNOLOGI/SAINS sangat kurang, tapi aku tetap senang ketika bercerita tentang TEKNOLOGI/SAINS.

Satu hal lagi, yang paling membuat aku tertarik terhadap teknik mesin adalah lapangan pekerjaan yang termasuk luas. Berikut adalah lapangan pekerjaan bagi lulusan teknik mesin:


1.      Bidang Perawatan Mesin
2.      Bidang Industri Alat Berat.
3.      Penguji Spesimen Produksi
4.      Bidang Pemerintahan, Akademis, dan Lembaga Penelitian
5.      Bekerja di perusahaan pembangkit listrik, seperti PLTA, PLTU, dan PLTG serta perusahaan minyak dan gas bumi, seperti Pertamina.

b.       Essay Alasan Kebutuhan Beasiswa

Alasan saya membutuhkan beasiswa adalah agar dapat meringankan beban pekerjaan dan tanggungan orang tua, karena uang kuliah yang saya jalani sekarang begitu berat dengan Rp 2.500.000. Uang kuliah mulai terasa berat saat memasuki semester kedua karena banyak hal-hal akan dipenuhi, seperti pembelian alat-alat untuk tugas pengganti ujian, fotocopy buku, biaya mengangkat acara-acara angkatan, dan lain sebagainya.
Ketika ayah sakit timbulah kecemasan di dalam hati bagaimana cara mendapatkan uang untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari dan terpikirlah untuk mencari pekerjaan, akan tapi sulitnya menyesuaikan jadwal karena jarang lapangan pekerjaan menyediakan pekerjaan paruh waktu, apalagi bagi anggota baru sangat kecil kemungkinan untuk dapat meminta jadwal paruh waktu kecuali kita memiliki kelebihan dalam segi tertentu. Karena biasanya untuk bisa bekerja salah satu syaratnya adalah loyalitas, jadi kecil kemungkinan untuk bisa bekerja.
Bertambah beratnya tanggungan orang tua karena ke-3 adik saya yang masih SMP, SMA serta adik perempuan saya yang sedang kuliah, dengan membayar uang sekolah, dan uang kuliah adik perempuan. Jadi saya sangat membutuhkan beasiswa untuk meringankan beban kedua orangtuaku. Insya-Allah AMIIN

c.      Essay Jangka Panjang (Visi) Setelah Lulus Luliah

Rencana jangka panjang yang saya miliki adalah bagian dari cita-cita, angan-angan, mimpi, obsesi, dan harapan yang akan saya wujudkan menjadi kenyataan di kemudian hari. Dalam hal ini tentu saja saya tidak hanya ingin menjadi orang yang mencari pekerjaan menjadi seorang pegawai ataupun yang lainnya, tapi saya juga ingin menjadi seseorang yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin dan bidang tersebut adalah bidang kewirausahawan. Mengapa saya sangat berminat dalam dunia bisnis, karena dalam sabda Rasulullah 9 dari 10 pintu rezeki adalah berbisnis. Dan tentu saja hal ini adalah pengamalan dari Hablu minannas dimana sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain.
Ketika menjadi seorang wirausaha kita harus memiliki jiwa entrepeneur karena menurut saya hal ini adalah harga mati bagi seseorang yang ingin bergelut dalam dunia ini. Namun menurut saya jiwa ini tidak akan didapatkan dengan hanya belajar di kampus saja. Ok, menurut saya kuliah adalah kegiatan yang wajib saya lakukan dalam konteks saya sebagai seorang mahasiswa namun saya menganggap kuliah adalah salah satu dari sekian banyak media untuk belajar, sehingga saya tidak hanya mengikuti kegiatan perkuliahan saja namun saya juga banyak mengikuti kegiatan di luar kampus seperti, Event Organizer Club, maupun kegiatan lainnya yang saya pandang sebagai sebuah kegiatan untuk mengembangkan diri yang tentunya akan sangat berguna ketika lulus dari kampus nanti.

Modal baik harta maupun ide kreatif tentunya berperan penting sehingga rencana saya setelah lulus sebelumnya adalah menjadi seorang pegawai, namun tentu saja saya ingin menjadi seseorang yang dapat memberikan dampak positif bagi orang lain, namun saya melihat hal ini bukanlah hal yang mudah sehingga membutuhkan beberapa fase. Fase tersebut diantaranya saya ingin menjadi seorang bertalenta, profesional serta bertekad baik. Rencana jangka panjang ini saya susun berdasarkan jangka waktu secara jelas dan konkret dan suatu saat nanti saya yakin akan berhasil mewujudkannya.

No comments:

Post a Comment