My Diary: ESSAY KSE COMPLETE FILE

Sunday 1 October 2017

ESSAY KSE COMPLETE FILE

 DOWNLOAD FILE WORD-NYA DI SINI essay beasiswa kse lengkap

ESSAY KSE COMPLETE FILE

Essay Alasan Pemilihan Jurusan
Mengapa harus teknik mesin? Pertanyanyaan itu pun muncul. Banyak alasan seseorang untuk pilihan yang satu ini. Setiap alasan itu memiliki maknanya sendiri. Namun apa pun alasan itu pasti bertujuan baik menjadi yang terbaik. Walau kadang suatu hal tersebut tanpa dilandasi alasan yang tepat. Pertama-tama, mari kita ungkap sekilas tentang teknik mesin. Teknik mesin merupakan ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Dalam ilmu teknik mesin akan mempelajari mengenai Perancangan Mekanik dan Konstruksi, Proses Manufaktur dan Sistem Produksi, Konversi energi, Ilmu Bahan / Metalurgi. Secara singkat ilmu teknik mesin bertujuan memudahkan manusia untuk membuat alat berupa mesin yang berguna membantu manusia dalam mengerjakan sesuatu secara praktis. Nah, dari sini kita bisa lihat bahwa ilmu teknik mesin ataupun secara umum seluruh ilmu teknik sangat membantu manusia. Hal itulah yang pertama sekali membuat aku tertarik. Satu hal lagi, ternyata ketertarikan dengan teknik itu sudah ada sejak dulu. Ayahku pernah cerita, sejak kecil aku sangat suka dengan mainan. Semua mainan itu pada awalnya tidak pernah bertahan selama lebih dari satu hari. Sebagai contoh sebuah mobil-mobilan, aku selalu membongkarnya dan selalu berusaha ku rakit kembali walau semakin menjadi rusak. Itulah aku. Hehe.. Dan ketika ayahku sedang membuat apalah gitu atau sedang membuat kandang ayam, aku selalu saja ingin tau. Dan ternyata pada saat itu aku sudah bisa membedakan yang namanya tang, obeng, gergaji, martil/palu. Itu semua cerita dari ayahku. Aku sudah tidak ingat semua maklum makin tua. Hehe.. Semua itu yang membuatku semakin yakin dengan ketertarikanku terhadap teknik. Ketika SMP, kebetulan ada pelajaran FISIKA. Entah kenapa aku sangat senang dengan pelajaran satu ini. Apalagi jika sedang praktik, aku selalu ingin jadi yang terbaik. Nah disini juga terbukti bahwa aku sangat cocok dengan teknik. Sedikit bercerita lagi, aku sempat ingin lanjut masuk SMK Tapi apa daya, orangtua ku tidak mampu karena biayanya mahal. akhirnya saya memutuskan ke SMA. Aku jalani sesuai sistemnya. Aku pilih jurusan IPA karena banyak pelajaran yang menurutku merupakan ilmu teknik. Dari kesukaanku dengan pelajaran itu, aku semakin yakin bahwa aku ini adalah anak teknik. Semuanya ku jalani dengan senang hati, merasa sesuai dengan keinginan. Diluar pelajaran aku suka gabung dengan teman yang senang dengan TEKNOLOGI/SAINS. Memang pengetahuanku terhadap TEKNOLOGI/SAINS sangat kurang, tapi aku tetap senang ketika bercerita tentang TEKNOLOGI/SAINS. Satu hal lagi, yang paling membuat aku tertarik terhadap teknik mesin adalah lapangan pekerjaan yang termasuk luas. Berikut adalah lapangan pekerjaan bagi lulusan teknik mesin: 1. Bidang Perawatan Mesin 2. Bidang Industri Alat Berat. 3. Penguji Spesimen Produksi 4. Bidang Pemerintahan, Akademis, dan Lembaga Penelitian 5. Bekerja di perusahaan pembangkit listrik, seperti PLTA, PLTU, dan PLTG serta perusahaan minyak dan gas bumi, seperti Pertamina.
Essay Alasan Kebutuhan Beasiswa
Program yang diminati:
research_and_technology
Program lainnya (jika tidak memilih salah satu opsi diatas):
Alasan lengkap kebutuhan beasiswa:
Alasan saya membutuhkan beasiswa adalah agar dapat meringankan beban pekerjaan dan tanggungan orang tua, karena uang kuliah yang saya jalani sekarang begitu berat dengan Rp 2.500.000. Uang kuliah mulai terasa berat saat memasuki semester kedua karena banyak hal-hal akan dipenuhi, seperti pembelian alat-alat untuk tugas pengganti ujian, fotocopy buku, biaya mengangkat acara-acara angkatan, dan lain sebagainya. Ketika ayah sakit timbulah kecemasan di dalam hati bagaimana cara mendapatkan uang untuk membiayai kebutuhan hidup sehari-hari dan terpikirlah untuk mencari pekerjaan, akan tapi sulitnya menyesuaikan jadwal karena jarang lapangan pekerjaan menyediakan pekerjaan paruh waktu, apalagi bagi anggota baru sangat kecil kemungkinan untuk dapat meminta jadwal paruh waktu kecuali kita memiliki kelebihan dalam segi tertentu. Karena biasanya untuk bisa bekerja salah satu syaratnya adalah loyalitas, jadi kecil kemungkinan untuk bisa bekerja. Bertambah beratnya tanggungan orang tua karena ke-3 adik saya yang masih SMP, SMA serta adik perempuan saya yang sedang kuliah, dengan membayar uang sekolah, dan uang kuliah adik perempuan. Jadi saya sangat membutuhkan beasiswa untuk meringankan beban kedua orangtuaku. Insya-Allah AMIIN
Essay Jangka Panjang (Visi) Setelah Lulus Kuliah
Rencana jangka panjang yang saya miliki adalah bagian dari cita-cita, angan-angan, mimpi, obsesi, dan harapan yang akan saya wujudkan menjadi kenyataan di kemudian hari. Dalam hal ini tentu saja saya tidak hanya ingin menjadi orang yang mencari pekerjaan menjadi seorang pegawai ataupun yang lainnya, tapi saya juga ingin menjadi seseorang yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin dan bidang tersebut adalah bidang kewirausahawan. Mengapa saya sangat berminat dalam dunia bisnis, karena dalam sabda Rasulullah 9 dari 10 pintu rezeki adalah berbisnis. Dan tentu saja hal ini adalah pengamalan dari Hablu minannas dimana sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Ketika menjadi seorang wirausaha kita harus memiliki jiwa entrepeneur karena menurut saya hal ini adalah harga mati bagi seseorang yang ingin bergelut dalam dunia ini. Namun menurut saya jiwa ini tidak akan didapatkan dengan hanya belajar di kampus saja. Ok, menurut saya kuliah adalah kegiatan yang wajib saya lakukan dalam konteks saya sebagai seorang mahasiswa namun saya menganggap kuliah adalah salah satu dari sekian banyak media untuk belajar, sehingga saya tidak hanya mengikuti kegiatan perkuliahan saja namun saya juga banyak mengikuti kegiatan di luar kampus seperti, Event Organizer Club, maupun kegiatan lainnya yang saya pandang sebagai sebuah kegiatan untuk mengembangkan diri yang tentunya akan sangat berguna ketika lulus dari kampus nanti. Modal baik harta maupun ide kreatif tentunya berperan penting sehingga rencana saya setelah lulus sebelumnya adalah menjadi seorang pegawai, namun tentu saja saya ingin menjadi seseorang yang dapat memberikan dampak positif bagi orang lain, namun saya melihat hal ini bukanlah hal yang mudah sehingga membutuhkan beberapa fase. Fase tersebut diantaranya saya ingin menjadi seorang bertalenta, profesional serta bertekad baik. Rencana jangka panjang ini saya susun berdasarkan jangka waktu secara jelas dan konkret dan suatu saat nanti saya yakin akan berhasil mewujudkannya.
Essay Pilihan Pengembangan Diri
Rencana jangka panjang yang saya miliki adalah bagian dari cita-cita, angan-angan, mimpi, obsesi, dan harapan yang akan saya wujudkan menjadi kenyataan di kemudian hari. Dalam hal ini tentu saja saya tidak hanya ingin menjadi orang yang mencari pekerjaan menjadi seorang pegawai ataupun yang lainnya, tapi saya juga ingin menjadi seseorang yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin dan bidang tersebut adalah bidang kewirausahawan. Mengapa saya sangat berminat dalam dunia bisnis, karena dalam sabda Rasulullah 9 dari 10 pintu rezeki adalah berbisnis. Dan tentu saja hal ini adalah pengamalan dari Hablu minannas dimana sebaik-baik manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Ketika menjadi seorang wirausaha kita harus memiliki jiwa entrepeneur karena menurut saya hal ini adalah harga mati bagi seseorang yang ingin bergelut dalam dunia ini. Namun menurut saya jiwa ini tidak akan didapatkan dengan hanya belajar di kampus saja. Ok, menurut saya kuliah adalah kegiatan yang wajib saya lakukan dalam konteks saya sebagai seorang mahasiswa namun saya menganggap kuliah adalah salah satu dari sekian banyak media untuk belajar, sehingga saya tidak hanya mengikuti kegiatan perkuliahan saja namun saya juga banyak mengikuti kegiatan di luar kampus seperti, Event Organizer Club, maupun kegiatan lainnya yang saya pandang sebagai sebuah kegiatan untuk mengembangkan diri yang tentunya akan sangat berguna ketika lulus dari kampus nanti. Modal baik harta maupun ide kreatif tentunya berperan penting sehingga rencana saya setelah lulus sebelumnya adalah menjadi seorang pegawai, namun tentu saja saya ingin menjadi seseorang yang dapat memberikan dampak positif bagi orang lain, namun saya melihat hal ini bukanlah hal yang mudah sehingga membutuhkan beberapa fase. Fase tersebut diantaranya saya ingin menjadi seorang bertalenta, profesional serta bertekad baik. Rencana jangka panjang ini saya susun berdasarkan jangka waktu secara jelas dan konkret dan suatu saat nanti saya yakin akan berhasil mewujudkannya. alasan memilih LEADERSHIP dan ENTREPRENEUR. Alasan saya memilih leadership karena merupakan Sebagai wadah untuk membentuk pribadi yang lebih baik, tegas dan disiplin. serta membentuk rasa tanggung jawab dalam menyelesaikan suatu masalah dan tugas yang dibebankan atau diberikan kepada diri sendiri. Alasan memilih entrepreneur untuk mengasah dan menambah informasi dalam berwirausaha sehingga dapat mengembangkan usaha online shop yang saya jalankan sekarang, tentunya harapan yang saya inginkan untuk memajukan dan mengembangkan usaha yang sedang dijalankan sehingga mendapatkan keuntungan yang tinggi dan digunakan untuk membantu biaya kuliah
Essay Alasan Khusus Meng-Apply Beasiswa KSE
Pertama kali mengetahui beasiswa KSE adalah saat saya membaca pengumuman penerimaannya tahun 2018 di Mading fakultas dan papan-papan informasi. Saat itu saya masih semester 6 dan mengikuti seleksi penerimaannya. Kemudian saat semester 6 saya berniat mengikuti seleksi. Di semester 6 ini barulah saya bisa mengikuti seleksinya, pertama kalinya. Saya membuka website-nya dan mulai mendaftar serta melengkapi persyaratan-persyaratan berkas lainnya. Pertanyaannya Mengapa saya memilih beasiswa KSE dari pada beasiswa-beasiswa lain, seperti Supersemar, Djarum, PPA atau BBM? Berikut alasan saya. 1. Beasiswa KSE memberikan bantuan sebesar 600.000 Dibanding beasiswa lain seperti supersemar, PPA atau BBM, beasiswa KSE memberikan jumlah yang lebih banyak. Angka ini bukanlah angka yang sedikit. Apalagi diberikan setiap bulan. Uang kiriman saya saja per bulan 600 ribu dan tidak cukup untuk biaya makan dan kebutuhan perkuliahan saya. Belum lagi jika ada tugas untuk fotokopi atau print dan sebagainya. Dengan mendaftar beasiswa ini, saya harap dapat membantu kebutuhan saya. 2. Tidak memperhitungkan IPK Beberapa beasiswa menyertakan syarat IPK minimal untuk dapat diurus. Sedangkan beasiswa KSE tidak mempermasalahkan IPK, namun harus ada laporan nilai setiap semester. Tanpa adanya syarat IPK minimal, tentu saja akan lebih mempermudah untuk mahasiswa yang kemampuan finansialnya lemah, yang juga nilai-nilainya biasa-biasa saja (tidak menonjol). 3. Melatih softskill Beasiswa KSE memiliki program pengembangan diri bagi para penerimanya. Menurut yang saya baca bahwa beasiswa ini memiliki program seperti: professional skill training, leadership program, social entrepreneurship training, career coaching, dan lain-lain. Jadi para penerima beasiswa tidak hanya dibekali dengan bantuan finansial, tetapi juga dibekali dengan kemampuan softskill. Kemampuan-kemapuan softkill yang tersembunyi dalam diri seseorang bisa dikembangkan lebih jauh lagi. TAPI ALASAN KHUSUSNYA SAYA MENGAPPLY BEASISWA KSE ADALAH SBB; Alasan mengapply beasiswa KSE dikarenakan ingin membantu beban keuangan orang tua terutama biaya pendidikan saya dan adik yang masih duduk di bangku Sekolah dan yang sedang kuliah juga. tentunya hal tersebut dapat berarti bagi saya dan keluarga. bagi saya pribadi tingginya keinginan untuk membantu beban orang tua sangat tinggi sehingga biaya kuliah seperti membeli buku, internet dan print bahkan biaya makan dll. insya Allah dengan dibantu oleh yayasan karya salembaempat, semua masalah keuangan dan masalah lainnya dapat teratasi. Amiin... sehingga itu saya ingin mengapply beasiswa KSE.
Essay Tujuan Hidup
Hidup haruslah punya tujuan ! Prinsip ini harus dimiliki oleh setiap orang, kalau tidak hidupnya akan kehilangan arah. Saya sendiri tentunya harus menetapkan tujuan hidup saya. Walau tujuan hidup saya belum terlau spesifik,tetapi saya telah punya tujuan hidup secara garis besar. Untuk jangka pendek ini, tujuan hidup saya adalah untuk belajar dengan baik, mempelajari banyak hal positif, dan lulus tepat waktu dan di waktu yang tepat dari kampus tercinta ini, universitas pattimura ambon. Tentunya tujuan jangka pendek ini haruslah men-support tujuan jangka menengah hidup saya. Untuk jangka menengah, saya ingin mendapatkan pekerjaan yang mapan, yang sesuai dengan keahlian dan minat saya. Untuk mendapatkan hal tersebut,oleh karena itu saya harus mensukseskan tujuan jangka pendek hidup saya tadi. Tentunya tidak ada gunanya tujuan hidup tadi jika saya hanya melakukannya untuk diri sendiri. Saya ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi orang disekitar saya. Setiap langkah yang saya pilih,saya ingin langkah tersebut memberikan kebahagiaan bagi orang lain. Tentunya setelah mencapai tujuan jangka menengah tadi, saya juga harus berbuat hal yang bisa bermanfaat bagi orang lain. Saya ingin berwirausaha agar dapat memberikan pekerjaan bagi orang lain, karena salah satu masalah terbesar negeri ini adalah pengangguran. Setelah itu saya ingin membuat suatu yayasan pendidikan untuk anak-anak yang kurang mampu. Karena menurut saya, untuk memperbaiki negeri ini haruslah melalui pendidikan yang baik sejak dini bagi calon generasi penerusnya. Tujuan jangka panjang hidup saya adalah untuk membahagiakan orang tua saya, dan membuat orang tua saya bangga. Tentunya tujuan tersebut yaitu juga untuk mendapatkan ridho Allah Swt dan masuk surga. Karena kita sebagai manusia nantinya akan kembali kepada-Nya.
Essay Usaha Anda Mengurangi Beban Orang Tua
Terkadang hidup membutuhkan perjuangan yang pasti. Tidak ada kata lelah untuk berusaha mengubah takdir. Sering saya merasa kekurangan dan merasa selalu lemah dan tidak bisa berbuat apa-apa. Tapi saya selalu berpikir ke masa depan, berpikir ke depan, berpikir maju supaya ketika saya merasa minder tidak punya apa-apa saya merasa tujuan dan niat saya kuliah untuk apa. Jadi saya selalu optimis untuk menatap masa depan yang lebih baik. Dengan keterbatasan ekonomi saya terkadang berpikir apakah saya bisa kuliah dengan baik? Ya itu semua dari diri sendiri, bukan dari ekonomi itu sendiri. Pada saat saya menjalani kuliah dengan keterbatasan ekonomi yang tidak mendukung. Saya berusaha untuk tidak membebani orang tua saya. Terkadang dosen menyuruh atau menugaskan kami tugas kuliah dengan hal-hal yang di luar keterbatasan saya. Misalnya membeli buku, membeli peralatan pendukung tugas praktek, fotocopy buku dengan harga yang begitu mahal serta pengeluaran lainnya. Ketika itu saya harus meminta uang ke kedua orang tua saya. Tapi saya berusah sendiri untuk mendapatkan uang dulu, ketika saya tidak mendapatkan uang baru kemudian saya meminta ke kedua orang tua saya. Saya merasa bersalah, kenapa saya harus membebani mereka? Dengan motivasi berpikit seperti itu saya mulai mencari uang dengan cara membuka usaha online, yaitu service panggilan. Dengan berbekal sebuah notebook dan seperangkat obeng. Dan sekarang untuk masalah keuangan seperti masalah di atas tadi, saya bisa menghandelnya sendiri. Alhamdulillah.... Tapi masih tugas berat bagi saya yaitu, saya masih membebani uang kuliah semester bagi kedua orang tua saya. Karena itu memang di luar kemampuan saya. Saya berharap bisa menghandel dan meringankan beban kedua orang tua saya dengan BEASISWA KSE. Amin
Essay Rencana Penggunaan Beasiswa
Saya menyadari bahwa sesuatu yang saya inginkan 5 tahun mendatang tidaklah mudah, saya terus berusaha agar hal itu tercapai, hal yang saya lakukan adalah sungguh-sungguh dalam kuliah, saya mencari ilmu pengetahuan tidak hanya dikampus, tetapi juga pada referensi lain seperti di Internet. Saya seorang Insinyur tentunya dapat merancang, Insinyur itu juga memiliki karakter kuat dan cerdas, jika ada suatu pembangunan pembangkit listrik didaerah, saya akan ikut serta dalam rancangan pembangunan tersebut dan bekerja sebaik-baiknya agar memperoleh hasil maksimal. Saya akan mengawasi kegiatan perancangan terutama dalam kualitas pembangkit yang dihasilkan agar penduduk di daerah dapat menjalankan aktivitas yang menggunakan energi listrik Rencananya saya sekarang ini mau meringankan beban kedua orangtuaku, itu hal yang sangat saya utamakan, dan selanjutnya beasiswa ini ingin saya gunakan sebaik-baiknya. Sekarang ini saya berencan ingin berwirausaha disamping kuliah saya. Jadi saya sangat membutuhkan uang. Oleh karena itu beasiswa KSE ini sangat membantu nantinya. Kemudian dengan beasiswa ini dapat memotivasi saya untuk belajar dan belajar. Demikian Essay ini saya tulis dengan sebenarnya. Terima kasih.
Essay Kenapa Anda Layak?
Pada saat ini juga saya masih menimba ilmu teknik di universitas pattimura ambon tepatnya di desa poka, kota ambon. Tahun Ini adalah tahun ketiga saya sebagai mahasiswa unpatti tepatnya berada pada semester 6. Alasan saya memilih jurusan Teknik ini menurut saya, prospek lulusan Sarjana teknik sangatlah luas dan bisa masuk dalam Instansi manapun baik itu swasta maupun pemerintahan, dan tidak hanya itu, lulusan sarjana teknik juga dapat mengamalkan ilmunya pada dunia wirausaha. Adanya beasiswa merupakan suatu kesempatan bagi saya untuk bisa membantu meringankan beban orang tua saya dalam segi biaya dan juga sebagai penambah motivasi untuk bisa memberikan kontribusi menggunakan beasiswa tersebut, karena beasiswa diberikan bukan untuk mahasiswa yang membutuhkan atau menginginkan beasiswa, tetapi untuk mereka yang pantas mendapatkan beasiswa dan saya pantas untuk mendapatkannya, dilihat dari segi keaktifan sebagai mahasiswa, dan nilai IPK dari 5 semester yang telah di ikuti yaitu dari semester 1-5 adalah 3,25 dan itu membuktikan bahwa saya adalah mahasiswa aktif. Namun saya merasa masih kurang dengan nilai yang saya dapatkan dan akan terus berusaha untuk bisa lebih meningkatkan prestasi kedepannya. Demikian essay ini saya tulis dengan sebenarnya. Terimakasih.


20 comments:

  1. Min, pernah ikut beasiswa kse juga?

    ReplyDelete
  2. Min, pernah ikut beasiswa kse juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sis, pernah ikut dan lolos juga. tapi aku ngga mau ngambil. aku soalnya lebih milih beasiswa PPA padahal klu mau dibilang beasiswa KSE dan PPA itu lebih bagus KSE.
      *lolosnya karena berkas ini juga

      Delete
    2. lg sibuk ngampus, kalu ambil beasiswa KSE bagus sih banyak kegiatan yang bermanfaat diluar. dan kegiatan wajib kita ikutin. cuman saya sendiri sibuk juga dengan urusan lain, mangkanya ngga keambil

      Delete
    3. Sebanyak apa kegiatannya min?

      Delete
  3. Ada wa atau ig yg bisa dihubungi gak bang? Ada yg saya mau tanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. gan diskusi yu mengenai beasiswa kse ini. saya juga ngikut ni gan

      Delete
    2. bang apasih tips untuk menulis essay pada beasiswa kse ini?

      Delete
  4. kak harus ada nilai toefl ya?

    ReplyDelete
  5. Kak kok %kelengkapan datanya ga bertambah ya? Padahal data udah lengkap

    ReplyDelete
  6. Boleh minta diskusi bg, soalnya saya daftar kse tahun 2020 ini bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayu gan saya juga ngikut nih.. kita diskusi

      Delete
  7. terimakasih kak, tulisan ini sangat membantu saya. tahun 2020 ini saya mencoba untuk mengikuti beasiswa KSE dan semoga saya dinyatakan lulus. Amin.
    saya juga bertanya kenapa ya kak kelengkapan data saya tidak 100% padahal saya sudah isi semua persyaratan yang diminta??

    ReplyDelete
  8. Terima kasih banyak kak, coretannya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Maaf ka mau tanya, Essay kaka ini aku cek sekitar 2500an kata, tapi panitia ada yang bilang maks 1000 kata. Menurut kaka gimana, kan kaka udah pernah keterima nih. Soalnya aku mau ikut untuk tahun 2021 ka

    ReplyDelete
  10. Kk dari KSE mana. Aku juga pernah dapat beasiswa KSE dan ikut pelatihan nya juga di Cirebon selama seminggu. Salam kenal

    ReplyDelete
  11. kak maaf itu link download contoh essay lengkapnya sudah tidak bisa ya?

    ReplyDelete
  12. Terima kasih banyak, bang atas esainya, saya izin jadikan referensi ya, bang, semoga dapat menjadi amal jariyah bagi abang dan berkah bagi saya, Aamiin.

    ReplyDelete